TUGAS FALSAFAH ILMU PENGETAHUAN
Semester Genap TA 2010/2011

Dosen Pembimbing: Ir. YD. Krismiyanto, MT.


Judul Tugas
MERANGKUM DAN MEMAHAMI KUNCI-KUNCI FALSAFAH ILMU PENGETAHUAN
(Kelas B dan D)

KETENTUAN TUGAS:
Tugas bersifat individual-rahasia, artinya setiap mahasiswa berusaha menampilkan hasil belajarnya sendiri sebagai upaya pribadi yang khusus. Rahasia artinya mahasiswa berusaha menghasilkan alinea-alinea dan kalimat-kalimat kunci yang dihasilkan oleh pemikirannya sendiri setelah membaca tema/peristiwa aktual dan tidak dituntun atau menjiplak pendapat teman.
Tugas dikumpulkan via email kepada dosen, yaitu ke email kriserra@gmail.com.
Tugas dikumpulkan berupa SATU file MsWord versi 2003 atau 2007. Nama file tugas dicantumkan dengan cara memberi “kelas-nomor mahasiswa-nama mahasiswa” pada nama file tugas. Contohnya: B-12986-Agustinus.doc
Bagi nama file yang tidak memenuhi ketentuan ini, akan diabaikan dan dianggap tidak pernah ada, sehingga tidak ikut dinilai.
DEADLINE penerimaan tugas: kelas B dan kelas D dikumpulkan paling lambat tanggal 18 Mei 2011 pukul 22.00 WIB.
Pengumpulan yang terlambat dianggap gugur dan wajib menempuh ujian tertulis sesuai jadwal ujian yang berlaku.
Pengumpulan versi cetak (hardcopy) tidak diterima atau tidak diadakan, mahasiswa boleh mengumpulkan bersama dalam satu email apabila diperlukan.
Bagi yang tidak menerima soal via email, bisa mengambil hardcopy soal di ruang dosen A (hari ini, Rabu 18 Mei 2011 pukul 15.30-16.00).

SUBSTANSI TUGAS:
Bahan tugas adalah tema-tema diskusi yang pernah dilalui dan bersumber pada pustaka yang ditunjukkan-disarankan (lihat bahan bacaan FIP atau tema/peristiwa aktual; misal: kasus NII, gedung DPR, Melinda Dee, dll).
Setiap sub judul (misal: Sumber Pengetahuan), dibuat sebanyak 20 (dua puluh) alinea kunci, sehingga seluruh tugas terdapat maksimum 5 x 20 alinea = 100 alinea kunci (500 kata).
Setiap alinea kunci harus memuat gagasan-gagasan yang ada di pustaka terkait, diungkapkan dengan kalimat sendiri atau meminjam kalimat dari bahan pustaka, disusun menjadi satu alinea yang baik, benar, dan menarik (komunikatif).

KETENTUAN PRESENTASI:
Mahasiswa menuliskan hasil belajarnya dengan menggunakan satuan-satuan alinea yang terdiri atas maksimum 420 karakter (huruf), seperti pada status facebook.
Setiap alinea diberi nomor urut, dituliskan dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar, mengikuti kaidah bahasa Indonesia yang berlaku di lingkungan akademik.
Hasil kerja diketik dengan program MsWord, huruf ARIAL, font 12, di atas lembar format kertas A4, margin kiri-kanan-atas-bawah 3,00 cm.
Setiap lembar kertas diberi “header kiri atas” berisi identitas pembuatnya (nama mahasiswa, nomor mahasiswa, kelas) dan nomor halaman di sisi kanan bawah.

REWARD TUGAS:
Mahasiswa yang dinilai hasil kerjanya bagus akan mendapat status LULUS (nilai A atau B) dan bebas ujian tertulis yang diselenggarakan sesuai jadwal ujian.
Pada waktu ujian tertulis berlangsung, mahasiswa yang dinyatakan LULUS wajib datang untuk menandatangani presensi ujian sesuai ketenetuan.
Mahasiswa yang dinyatakan tidak lulus wajib menempuh ujian tertulis dengan bobot soal yang sama dengan bobot tugas ini.

BAGAN MATERI TUGAS untuk PANDUAN
(Boleh dipilh yang paling sesuai dengan tema/peristiwa aktual yang dibahas)